Kembali setelah beberapa tahun lalu sempat mengunjungi desa wisata kerajinan Krebet, saya berkesempatan untuk melihat lagi ke daerah di sebelah barat Yogyakarta ini. usun Krebet, Desa Sendangsari, Kecamatan Pajangan, Bantul menjadi salah satu tempat unik di Jogja di mana beberapa masyarakatnya mempunyai keahlian untuk mambatik di atas ukiran kayu. Tidak hanya topeng saja, namun berbagai jenis ukiran seperti patung, souvenir, meja kursi hingga perabotan rumah tangga diberi sentuhan batik. Hasil akhirnya tentu saja menghasilkan produk kerajinan yang unik dan jarang dijumpai.

Saya berkesempatan mengunjungi salah satu showroom dan rumah produksi bernama Peni yang dimiliki oleh Bapak Kemiskidi. Selain sebagi pengusaha, bapak yang merupakan orang asli desa ini adalah tokoh masyarakat yang ikut mendorong desa krebet hingga lebih dikenal sebagai daerah tujuan bagi wisatawan. Tidak sedikit wisatawan yang mengunjungi Krebet untuk belanja beraneka souvenir.

desa wisata batik kayu krebet yogyakarta desa wisata batik kayu krebet yogyakarta 3 desa wisata batik kayu krebet yogyakarta 2

Untuk menuju ke desa wisata krebet tidak terlalu mudah. Bisa melalui Jl Bantul dan setelah masuk kawasan Desa Wisata Kasongan bantul tinggal ikuti papan pentunjuk arah menuju ke sana.