Lava Bantal Jogja


Lava Bantal di Kabupaten Sleman merupakan spot untuk wisata air. Wisata air ini adalah merpakan aliran Kali Opak. Dinamakan Lava Bantal karana bebatuanmemembentuk formasi batuan yang berbentuk seperti bantal. Formasi ini terletak di pinggir kali opak. Pada saat musim hujan, debit air Kali Opak ini deras, jika pada musim kemarau tidak sederas pada musim hujan.
Formasi batuannya yang terbentuk dari lava hasil erupsi lelehan yang telah mengalami proses pembentukan hingga membentuk seperti bantal.

Lava Bantal Jogja tubing

Oleh karena itu namanya Lava bantal atau lava pillow. Fenomena lava bantal ini merupakan representasi dari bentuk awal volkanisme Pulau Jawa. Umur lava bantal ini diperkirakan lebih tua dari 30 juta tahun yang lalu. Diperkirakan dari umurnya dan komposisi balsatis, gejala erupsi lelehan ini merupakan cikal bakal gunung api di Pulau Jawa yang kemudian menjadi himpunan gunung api strato. Selain itu, di atas sungai ini terdapat jembatan penghubung antara dua desa yaitu Desa Kalitirto dan Desa Jogotirto.

Lava Bantal Jogja tubing
Lava Bantal Jogja tubing

 

Apa yang bisa dilakukan:
a. Berenang dengan ban atau tubbing
b. Lokasi pemotretan.

Akses
Lava bantal berada di antara dua desa secara administrasi yaitu Desa Kalitirto dan Desa Jogotirto. Di antara kedua desa ini dihubungkan dengan dua jembatan yaitu jembatan jalan Berbah-Prambanan

Fasilitas lain
Untuk persewaan pelampung dan ban bagi pengunjung yang ingin berenang dikenakan sewa Rp. 15.000,00 untuk dewasa dan Rp. 10.000,00

Cari info hotel murah di Malioboro bisa lihat di carihoteljogja.com 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s