Wisata Sri Gethuk – Pantai Sadranan – Pantai Pok Tunggal


Wisata Jogja berkembang dengan pesatnya. Tidak terkecuali Kabupaten Gunungkidul saat ini menjadi salah satu destinasi wisata yang sedang booming. Tidak heran ketiak week end atau hari libur, bisa dipastikan kepadatan lalu lintas menuju berbagai daerah wisata di Gunungkidul sangat terasa. Banyak mobil berplat luar Yogyakarta terlihat berlalu lalang. Kalau sebelumnya kita hanya mengenal Pantai Baron Krakal dan Kukup, namun kali ini berbagai daya tarik berkembang dan bertambah dengan pesat.

gua rancang kencono sri gethuk
Area Gua rancang Kencono dan Air Terjun Sri Gethuk
gua rancang kencono
Mulut Gua Rancang Kencono
wisata selam pantai sadranan
Pantai Sadranan
pantai pok tunggal fasilitas
Selamat datang di Pantai Pok Tunggal
pantai pok tunggal
Icon pohon Pantai Pok Tunggal

Bulan juni 2016 ini, kami berkesempatan mengunjungi beberapa daya tarik di Gunungkidul. Kami mencoba mencari beberapa referensi obyek wisata yang belum pernah kami kujungi. Setalah beberapa tahun tidak intens dengan daerah ini mejadikan kami cukup terkesima melihat destinasi wisata di Gunungkidul.

Berangkat dari kawasan UGM pada pagi hari, kami menuju lokasi pertama yakni area air terjun Sri Gethuk. Lokasi  Sri Gethuk cukup mudah dijangkau dengan akses jalan yang telah diperkeras. Namun memang untuk jalan di dalam area sendiri masih berupa tanah yang diperkeras sehingga memang kurang nyaman untuk dilewati. Di area Sri Gethuk sendiri terdapat dua daya tarik yakni Gua rancang Kencana dan Air terjun Sri Gethuk sendiri. Gua Rancang Kencana sendiri adalah gua kering yang meudah dijangkau. Kita dapat menuruni tangga sekitar 10 meter dan akan menemui ruangan lapang yang merupakan mulut gua. Didepanya terdapat pohon besar yang membuat rindang suasana. Untuk masuk lebih dalam memang membutuhkan bantuan pemandu lokal. Goa ini saat ini selain dibuka untuk wisata juga masih sering dikunjungi oleh kaum spriritualis. Satu yang menjadikan saya kurang berkesan adalah sambutan pemandu lokal yang menurut penilaian saya masih kurang siap untuk menerima wisatawan. Masih jauh dari ramah dan berlum ada rasa melayani (bisa diartikan tersendiri ya…). Lanjut ke destinasi selanjutnya yakni Sri Gethuk. Sebagai daya tarik yang sedang berkembang, fasilitas obyek ini cukup lengkap. Dengan layanan SDM yang lebih baik dari Gua Rancang Kencana. Daya tarik naik perahu menjadi kekhasan obyek ini.

Lepas ke destinas selanjutnya kami menuju Pantai sadranan. Pantai ini mempunyai keunggulan yakni aktifitas snorekling di pantai. terdapat penyewaan alat snorekling di pantai ini. Dengan paket antara 25-35 ribu anda sudah dapat menikmati menyelam dengan alat standar yakni sepatu anti karang, alat snorekling, dan pemandu. Sudah termasuk juga gubug untuk meletakan barang bawaan anda. apabila anda datan pada siang hari anda akan menjumpai air yang tidak terlalu dalam. Yah cukup lah untuk merasakan bagaimana bersnorekling ria walaupun air hanya sepinggang orang dewasa. Oh iya, pantai ini juga mempunyai pasir yang putih bersih. Pantai ini terletak disebelah timur Pantai Krakal.

Lanjut ke destinasi terakhir yakni Pantai Pok Tunggal. Pantai ini mempunyai icon pohon Pok yang sendiri atau Pok Tunggal disebut. Mampunyai karakteristik pasir putih yang cukup kasar namun nyaman. Dari jalan raya utama akses ini sedang dalam pengembangan lebih lanjut. Untuk bus mikro dapat masuk dengan baik ke pantai ini. Melihat sunset atau berjemur dan mandi di pantai adalah kenikmatan tersendiri. Sunset di pantai ini sungguh merupakan pengalaman yang ingin diulang kembali.

Sore lepas magrib perjalanan kembali ke Jogja dilalu dengan tidur diperjalanan. Bagi anda yang membawa kendaraan motor atau mobil, saya sarankan untuk berombongan karena jalan masih gelap dan sepi.

mnugrohosusanto I jogjakini I 2015

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s