Pohon Reklame: Jenis Pohon Baru di Jogja


Pohon Reklame saat ini menjadi salah satu tumbuhan yang paling cepat tumbuh dan sangat mudah ditemui pada hampir semua wilayah Yogyakarta. Utamanya dapat ditemukan tumbuh sangat rimbun di kawasan Kota Yogyakarta dan Kabupaten Sleman. Tanaman lain yang bisa ditemui adalah pohon baliho. Pohon ini sangat mudah ditemui pada titik titik manusia berkumpul atau lewat. Jenis lainnya adalah tanaman rambat spanduk dan tanaman menempel lumut poster.

Taman tersebut saat ini tumbuh dengan tidak teratur dan dibarengi pembiaran dari pemilik lahan. Setiap jengkal tanah ataupun bangunan menjadi lahan subur untuk tumbuh. Lihat saja di Jl Kaliurang, pohon reklame dan baliho sangat tumbuh subur. Beberapa badan pohon baliho bahkan membentang di atas jalan raya. Atau tengok saja kawasan Jl Ahmad Dahlan, tanaman spanduk dan poster menjadi sampah visual yang mengotori lingkungan.

Baliho memenuhi space di perempatan Jl Nyi Condrolukito
Baliho memenuhi space di perempatan Jl Nyi Condrolukito
Baliho memenuhi jengkal tanah di perempatan Jombor Fly Over
Baliho memenuhi jengkal tanah di perempatan Jombor Fly Over
Reklame liar di atas Jl. Godean
Reklame liar di atas Jl. Godean

Sebenarnya pohon pohon tersebut juga berguna apabila bisa diatur tumbuhnya. Namun saat ini dibiarkan liar sehingga menggangu ekosistem lingkungan. Sehingga perlu pengaturan ataupun pembabatan tanaman liar harus mrnjadi sebuah kenyatan.

Akan sangat bagus sekali jika tanah tanah tersebut ditanami pohon mahoni, angsana, sawo kecik atau bisa juga beringin. Pohon tersebut bagi ekosistem akan jauh sangat bermanfaat. Lihat saja teduhnya Jl Suroto Kotabaru. Suasana akan lebih sejut dan rindang. Bagi mata penduduknya pohon tersebut juga akan meneduhkan.

Sebuah harapan tentang Yogyakarta yang #resikvisual dapat terwujud. Tidak hanya #niatanbaik saja sekarang tapi #tindakanbaik juga harus dimulai. Pemangku kepentingan seperti bupati walikota harus #bukamata #bukakuping terhadap aspirasi warganya.

Penulis: jogjakini

Suka Traveling dan Jalan Jalan melihat hal baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s