Yogyakarta Darurat Macet


Jogja macet. Yogyakarta dikenal dengan kota sepeda. Itu dulu…. sekarang dikenal dengan kota sepeda motor. Tidak janya itu saja mobil juga menjamur di daerah istimewa ini. Itu sebuah tanda kemakmuran atau memang harga kendaran yang semakin terjangkau. Bisa jadi karena mobil murah yang katanya LCGC semakin membanjiri pasar.Namun fakta berbicara jelas. Panjang dan lebar jalan di Yogyakarta semakin tidak sebanding dengan kuantitas kendaraan yang melewatinya. Sehingga tidak heran ketika pagi siang hari dan sore hari penduduk yang utamanya tinggal atau beraktifikas di kota akan merasakan macet parah.

Dari sisi kebiasaan memang pendudukĀ  Yogyakarta dari dulu memang cenderung menggunakan kendaraan pribadi. Dalam satu rumah setiap kepala bisa dipastikan punya satu moda kendaran. Belum lagi ditambah mobil. Bertambahnya mahasiswa yang sekolah ke Jogja juga menambah secara signifikan.

Itu baru sebagian dari penyebabnya. Lalu harus menyalahkan siapa… Lalu kalau menyalahkan saja tanpa solusi juga kurang bijak.

Nah kalau boleh usul memang Pemda DIY memang segera mempercepat optimalisasi moda transportasi umumnya. Trans Jogja sebenarnya bisa menjadi solusi. Namun akhir akhir ini semakin tidak nyaman juga. Bus yang tidak terawat adalah penyebabnya. Jikalau moda transportasi mass diperbagus pelayanannya saya pikir masyarakat akan memiliu moda transporrasi ini. Penambahan armada juga sangat perlu. Karena saat ini untuk menuju ke shelter tertentu harus muter jauh dulu sehingga habis di waktu. Selain itu bus kota yang memang sudah sangat sangat tidak laik jalan bisa diganti yang baru. Banyak sekarang bus yang bobrok masih saja beroperasi. Ditambah dengan tabiat sopir yg “njelei” karena seenaknua sendiri di jalan.

Kalau ngga diperbaiki sekarang terus harus menunggu sampai kapan…. nunggu sampai jalan jalan di Jogja macet total…

Kemacetan Jogja di Perempatan MM UGM
Kemacetan Jogja di Perempatan MM UGM
Kemacetan terlihat di perempatan Mirota
Kemacetan terlihat di perempatan Mirota
PErempatan Jl Kaliurang macet parah utamanya kalau sore hari
PErempatan Jl Kaliurang macet parah utamanya kalau sore hari

Penulis: jogjakini

Suka Traveling dan Jalan Jalan melihat hal baru

1 thought on “Yogyakarta Darurat Macet”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s