Ketika Sri Sultan HB IX Jajan Es Puter di Stasiun Cikampek


Dalam kisah hidupnya di buku Tahta Untuk Rakyat, dr. A. Halim mengungkapkan bahwa suatu hari ia pernah bertugas mengantar tamu dari Yogya ke Jakarta yang merupakan pejabat penting, termasuk Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Ketika gerbong kereta berhenti sejenak di Cikampek, ia lantas melompat dari gerbong kereta dan bermaksud membeli minuman untuk para tamu, karena cuaca saat itu sedang panas-panasnya. Sri Sultan Hamengku Buwono IX kemudian bertanya, “Hei, Dok, mau ke mana?”.

Ia menjawab, “Ah tidak, saya mencari minuman”. Ternyata Sri Sultan Hamengku Buwono IX ikut melompat dan ingin ikut bersama dr. A. Halim mencari minuman. Dalam benak dr. A. Halim bertanya ragu apakah di stasiun ini ada restoran yang agak “lumayan”, mengingat ia sedang bersama seorang raja dari Yogyakarta. Setelah beberapa saat berjalan mencari restoran yang dimaksud, tiba-tiba Sultan berkata, “Mengapa berjalan terus, ini kan ada es puter, di sini saja kita minum”. Seketika itu dr. A. Halim pleasantly surpised dan sambil berdiri mereka minum es puter bersama-sama.

dr. A. Halim
dr. A. Halim
A. R. Baswedan
A. R. Baswedan

Masih terngiang dalam ingatan A. R. Baswedan ketika Dorodjatun dinobatkan menjadi Sri Sultan Hamengku Buwono IX. Dalam pidatonya beliau berkata, ”… Jiwa Barat harus dipadukan dengan jiwa Timur, sambil harus menjaga jangan sampai jiwa Timur hilang sifat Timurnya …”.  A. R. Baswedan, dalam buku yang sama (Tahta Untuk Rakyat), berpendapat, Sri Sultan Hamengku Buwono IX merupakan sosok yang demokratis, pendiam tapi terbuka, keras tapi ramah, menginginkan banyak perubahan dan perkembangan yang bermanfaat tanpa melupakan perasaan lingkungan sekitar.

sumber: Tahta Untuk Rakyat

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s