Di Sini Sri Sultan HB IX dilahirkan


Sri Sultan Hamengku Buwono IX sampai saat ini masih menjadi tokoh yang selalu dikenal sebagai negarawan dan raja yang meneguhkan tahtanya untuk rakyat. Beliau dikenal sebagai Raja Jawa yang teguh melawan penjajahan dan berdiri mendukung penuh ketika Republik Indonesia baru berumur bayi.

Terlahir dengan nama Gusti Raden Mas Dorodjatun pada 12 April 1912. Beliau dilahirkan di nDalem Sompilan yang sampai saat ini masih dapat dengan mudah untuk anda kunjungi. nDalem Sompilan saat ini masih terawat dengan baik. Saat ini tempat kelahiran Sinuwun dikelola sebagai restoran Pendopo Dalem yang terletak di area Kraton Yogyakarta tepatnya di utara Kompleks Tamansari. Restoran ini sendiri melayani untuk santap siang bagi wisatawan dengan menu nusantara.

Pendopo Dalem Resto Memanfaatkan bagian depan nDalem Sompilan Tempat Sinuwun Dilahirkan
Pendopo Dalem Resto Memanfaatkan bagian depan nDalem Sompilan Tempat Sinuwun Dilahirkan
Ruang tengah tempat Sinuwun dibesarkan
Ruang tengah tempat Sinuwun dibesarkan

Nah jika anda pas lagi bersantap siang di Pendopo Dalem Resto, Anda bisa sekalian melihat tempat Sinuwun lahir dan menghasilkan masa kecilnya. Pengelola restoran akan mempersilahkan anda untuk masuk tanpa biaya. Namun Anda memang harus menjaga sopan santun ketika masuk ke area ruang tengah. Anda diharuskan melepaskan alas kaki ketika akan naik ke lantai yang dibuat lebih tinggi. Ruangan yang terawat dengan baik tersebut memang mengiratkan keagungan sebagai rumah para pengeran. Dengan suasana adem dan lampu gantung yang membuat suasana hangat. Beberapa peraotan dari mebeleir kayu juga masih orisinil.

Ketika malam hari, Pendopo Dalem berubah konsep menjadi Angkringan JAC yang menawarkan menu angkringan khas Jogja.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s