Sri Sultan HB IX adalah Jenderal dan PNS Pertama Indonesia


Membicarakan Sri Sultan Hamengku Buwono IX memang tidak ada habisnya. Sosok  pemimpin bangsa yang akrab dipanggil “Sinuwun” atau :Ngarsa Dalem” ini  memang mempunyai banyak suri tauladan yang wajib dicontoh para pejabat yang  “katanya” ingin menjadi pemimpin. Sri Sultan HB IX adalah salah satu Sultan terbesar dari rangkaian dinasti  Mataram Islam. Setelah Sultan Agung Wafat mungkin Sri Sultan HB IX adalah  raja yang mempunyai catatan cemerlang dalam melawan penjajah dan utamanya  mendukung Republik Indonesia di awal kemerdekaan. Tidak hanya pemikiran,  dukungan finansial kepada republik juga diberikan.
sri sultan HB IX

Setelah dinobatkan sebagai sultan pada 18 Maret 1940, Ngarsa Dalem Ratu  Juliana dari Belanda menganugerahinya pangkat Mayor Jenderal Tituler.  Pangkat tersebut adalah tertinggi yang diberikan kepada raja di nusantara  pada saat itu. Selain itu juga karena Ratu Juliana juga merupakan teman  sekolah Ngarsa Dalem di Belanda. Bahkan ada yang menyaakan bahwa Ratu  Juliana pada masa muda jatuh cinta pada Sultan.

Pangkat jenderal tersebut memang layak disandingkan, karena ternyata beliau  juga mempunyai strategi perang yang brilian. Bagaimana ketika Beliau  sebagai otak dan memerintahkan Serangan Oemom 1 Maret yang mampu  mengejutkan dunia. Bagaimana ketika berita tentang keberhasilan SO 1 Maret  diperintahkan untuk disiarkan ke selurah penjuru dunia.

Pada masa Presiden Soekarno, Sultan menjabat sebagai Menteri Pertahanan.  Pada masa tersebut Sultan berberan besar dalam berbagai diplomasi khususnya  menghadapi Belanda yang ingin kembali menjajah.

Sehinga tidak heran kalau RI menganugerahi Jenderal Bintang Empat. Pada  tahun 1949, pemerintah akan menaikkan pangkat AH. Nasution yang saat itu  menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat. AH. Nasution sangat  menghormati Sultan sehingga memohon agar Sultan terlebih dahulu dilantik  sebelum dirinya. Pelantikan tersebut menjadi kebahagiaan tersendiri bagi  warga JOgja. Ketika Sultan kembali ke Jogja dengan neik Jeep sendiri,  masyarakat Jogja sudah menyambut beliau di perbatasan Yogyakarta di Krasak.

PNS Pertama
Salah satu putra Sultan HB IX yakni Alm. GBPH Joyokusumo ketika masih  “Sugeng” menyampaikan bahwa Sultan juga tercatat sebagai Pegawai Negeri  Sipil (PNS) pertama. Sinuwun mempunyai NIP 010000001. “Kartu  (kepegawaiannya) tersebut masih disimpan keluarga,” kata Joyokusumo,  seperti dikutip pers.

Penulis: jogjakini

Suka Traveling dan Jalan Jalan melihat hal baru

1 thought on “Sri Sultan HB IX adalah Jenderal dan PNS Pertama Indonesia”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s