Plengkung Nirbaya : Di Sini Ilmu Hitam Dilarang Masuk!!!


Plengkung Nirbaya atau lebih dikenal dengan atau Plengkung Gading terletak di sebelah selatan Alun-alun Selatan. Secara arti Nirbaya berasal dari kata “nir” yang artinya tidak ada, dan kata “baya” yang berarti bahaya. Sehingga  plengkung ini memiliki filosofi bahwa menghilangkan atau tidak ada bahaya yang mengancam. Dahulu gerbang ini mempunyai pintu gerbang dari kayu yang tebal. Setiap orang yang akan masuk akan diperiksa terlebih dahulu oleh prajurit keraton.
Disebelah utara tidak jauh dari pengkung ini kita bisa menjumpau Alun Alun Kidul. Gerbang ini juga menjadi sejarah setiap Sultan yang mangkat. Karena gerbang ini selalu dilalui jenazah sultan yang akan dimakamkan baik di Imogiri ataupun Kotagede.

Plengkung Gading atau Plengkung Nirbaya
Plengkung Gading atau Plengkung Nirbaya

Ilmu Hitam Stop Masuk
Bisa jadi dinamakan menghilangkan gangguan. Ada cerita dari kawan yang mempunyai kenalan seseorang sedang memperdalam ilmunya. Dia diminta gurunya untuk lelalu berjalan kaki atau Tapa Ngrame. Tidak sengaja dia berjalan memasuki gerbang Plengkung Nirbaya. Setelah bertemu dengan gurunya dikatakan ada keanehan padanya karena ilmu yang gurunya ajarkan tidak merasuk. Selidik punya selidik sang murid mengatakan bahwa dia melewati plengkung. GUrunya tidak kaget ternyata. Dia mengatakan bahwa lupa menyampaikan kepada muridnya ketika berjalan jangan masuk ke Njeron Beteng karena kalau ilmunya mengandung unsur hitam maka akan langsung tawar ilmunya.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s