Yogyakarta Dikepung Hotel


Pariwisata Yogyakarta –  Dalam ilmu ekonomi menyebutkan bahwa jika suply besar maka konsumen akan lebih leluasa memilih produk. Begitu pula yang terjadi di Jogja. Pariwisata mengalami pertumbuhan yang pesat. Indikator yang dapat dilihat antara lain jumlah kamar hotel yang semakin bertambah banyak. Utamanya pada kelas bintang. Selain itu tiket penerbangan dari dan ke Jogja selalu sold out.

Sesungguhnya produk wisata jogja belum menunjukan perkembangan yang selaras dengan pertumbuhan hotel. Sehingga memang perlu dicreate produk wisata yang bisa menahan wisatawan berlama lama di Jogja. Walaupun juga beberapa wisatawan MICE memang tidak bertujuan berwisata di Jogja. Namun bagaimanapun juga berbagai sisi perlu dibenahi. Selain pengembangan produk wisata, beberapa sisi lain perlu dikembangkan. Ambil contoh, kemacetan Jogja sekarang menjadikan perjalanan tidak nyaman, sehingga bus pariwisata jogja tidak bisa leluasa bergerak pada beberapa tempat.

Memang pada satu sisi pembangunan hotel tersebut adalah sebuah investasi yang mempu menambah PAD. Namun bagaimanapun juga jika daerah dimana investasi tersebut berada tidak memberikan dukungan yang maksimal tentu saja ketakutan bahwa dalam waktu yang tidak terlalu lama akan mengalami titik kejenuhan dimana kue wisatawan yang tetap semakin diperebutkan oleh banyak hotel. Tentu saja ketakutan akan terjadinya perang harga yang tidak sehat bisa menjadi kenyataan.

Sehingga para pelau pariwisata sendiri maupun dukungan penuh dari pemerintah harus create produk wisata baru. Sehingga tidak hanya terikat oleh segitiga emas destinasi wisata: Kraton, Borobudur, Prambanan. Yang tentu saja akan membuat wisatawan jenuh.

Nah pemerintah daerah memang harus mempunyai langkah kongkrit untuk membuat Jogja nyaman. Termasuk juga ramah bagi wisatawan dan ramah masyarakat sendiri.

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s