Keripik Belut Godean: Mitos Godek Sunan Kalijaga


Jogja memang kaya kuliner khas. Salah satunya adalah Belut Godean. DAerah ini dapat dicapai dengan mudah. Dari Arah Tugu Jogja menuju kebarat hingga nanti sampai di Pasar Godean. Disana sudah berjajar pedagang yang menjuat produk olehan dari Belut.

Belut adalah makanan sehat. Kadar protein dalam daging belut lebih tinggi dari daging sapi. Olahan yang paling banyak adalah keripik belut. Selain renyah dan gurih, oleh oleh jogja ini juga tahan lama.

Belut Goreng Godean

Dari Godek Sunan Kalijaga
Godek adalah rambut yang tumbuh di pipi pria dewasa. Alkisah perjalan Sunan Kalijaga sampai kedaerah barat Jogja ini. DItempat tersebut Sunan mencukur Godeknya. Sehingga kelak Godegan terkenal sebagai nama daerah ini. Lama kelamaan akhirnya berubah menjadi Godean.

Selain belut, Godean lebih dulu terkenal sebagai tempat kelahiran Presiden Suharto dan penghasil genteng terkemukan di Jogja dan Jateng.

Untuk lebih memperkenalkan produk olahan belut, masyarakat Godean berinisiatif membuat merti desa dengan gunungan yang berasal dari keripik belut. Selain sebagai upacara bersih desa diharapkan dapat masuk sebagai agenda wisata budaya yang dapat semakin menarik wisatawan untuk berkunjung dan membeli kripik belut sebagai oleh oleh khas Jogja.

Penulis: jogjakini

Suka Traveling dan Jalan Jalan melihat hal baru

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s