Sri Sultan HB X Beri Sinyal Putrinya Ahli Waris Takhta


YOGYAKARTA –Raja Kesultanan Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono X mengatakan tidak tertutup kemungkinan pengganti dirinya kelak sebagai raja adalah perempuan. Meski tidak secara eksplisit dikemukakan, Sultan mengakui, jika dibandingkan dengan istrinya, Gusti Kanjeng Ratu Hemas, putri sulungnya, Gusti Kanjeng Ratu Pembayun, punya peluang lebih untuk menggantikannya sebagai penguasa Keraton Yogyakarta.

Kalau GKR Hemas kan orang lain. Kalau GKR Pembayun kan anak langsung dari raja, kata Sultan kepada wartawan di Yogyakarta kemarin.

Di sisi lain,Sultan mengatakan,Keraton punya paugeran atau aturan sendiri bahwa yang menjadi raja adalah laki-laki. Hanya, kata Sultan, sebagai raja, dia tidak boleh membedakan peran laki-laki dan perempuan. Siapa raja yang berkuasa,dia berhak melakukan perubahan,katanya. Meski demikian, Sultan menyerahkan sepenuhnya kepada masyarakat Yogyakarta soal siapa yang kelak menjadi Raja Yogyakarta untuk menggantikan dirinya.Terserah aspirasi rakyat, ujar Sultan, yang tak punya anak laki-laki. Pernyataan Sultan itu bermula dari obrolan Sultan tentang persamaan gender dengan tiga mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Gadjah Mada,Yogyakarta, yakni Sayfa A. Achidsti,Yusuf Akmad, serta Reno Kinanti, pada 5 Mei lalu.

Dalam kesempatan itu, Sultan, mengatakan, tradisi itu sesuai dengan zamannya. Artinya, jika tidak sesuai dengan tantangan zaman, tidak perlu dipertahankan, karena budaya merupakan produk manusia. Sepupu Sultan, Kanjeng Raden Tumenggung Jatiningrat, menentang keras jika Raja Yogyakarta selanjutnya adalah perempuan, meskipun tetap anak raja. Karena gelar Raja Yogyakarta Senopati Ing Alaga Sayidinna Panatagama Kalifatullah adalah gelar laki-laki, bukan perempuan, kata Romo Tirun, panggilan akrab Jatiningrat.

Jika ternyata Sultan tidak mempunyai anak laki-laki, menurut Romo Tirun, titah sebagai raja bisa diserahkan kepada saudara laki-lakinya. Sebagaimana dilakukan Sultan Hamengku Buwono V, yang juga tidak mempunyai anak laki-laki.PITO AGUSTIN RUDIANA

http://www.korantempo.com/korantempo/koran/2010/05/15/Nusa/krn.20100515.200376.id.html

Penulis: jogjakini

Suka Traveling dan Jalan Jalan melihat hal baru

3 thoughts on “Sri Sultan HB X Beri Sinyal Putrinya Ahli Waris Takhta”

  1. wanita adalah sebagai lambang akan kemakmuran suatu negri, wanita yang bisa mampu menahan semua di banding seorang laki laki .
    tdk semua pemimpin adalah seorang laki laki yang mana katakanlah wanita itu sanggub untuk memimpin suatu negri. tdk ada salahnya , yang jelas karisma seseorang manusia pasti berbeda beda seperti didunia ini setiap suku memiliki kebudayaan masing masing.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s