Jumlah Tangga Makam Imogiri


Makam Raja Raja Imogiri. Pernah ke Makam Imogiri? Menurut anda berapa jumlah tangga di makam imogiri? 300. 345, 305? Huh..salah,  ternyata yang benar adalah 409 buah. Hal tersebut disampaikan oleh Pawirodiharjo, abdi dalem berusia 75 tahun yang mengaku sebagai pemandu wisata.lalu mengapa beberapa orang beda-beda dalam menghitung jumlah anak tangga tersebut? 

Alasanya antara lain karena sangat mungkin karena napas kita tersengal-sengal ketika menaiki anak-anak tangga itu, sehingga konsentrasi menghitung menjadi kurang. Pasti ada kendala dalam menghitung. Bisa diterima, hehehe…….

Ngitung jumlah tangga dimulai dari tanggal awal di sini..let gooo..
Ngitung jumlah tangga dimulai dari tanggal awal di sini..let gooo..
Ini baru gapura awalnya
Ini baru gapura awalnya
Jangan lupa donasi seiklasnya ya..banyak ya Alhamdulilah
Jangan lupa donasi seiklasnya ya..banyak ya Alhamdulilah
Nah kalau sudah di sini kita istirahat dulu deh..hampir copot dengkulnya
Nah kalau sudah di sini kita istirahat dulu deh..hampir copot dengkulnya

Mitos
Tahukah anda kenapa Sultan Agung membuat makam ini di Bukit Imogiri? Mitosnya adalah ketika Sultan Agung di Mekah dia ingin dimakamkan di tempat yang sesuci tanah di mekah. Lalu dia diberi batu yang ketika dilempar di Jawa ternyata jatuh ke Gunung Imogiri. Tingginya makam Imogiri ini, sesungguhnya bisa dibaca sebagai simbol. Bahwa untuk mencapai ketenteraman, orang harus melalui cobaan. Hal tersebut kalau dilihat dari sejarah adalah, orang jawa percaya bahwa Gunung merupakan salah satu tempat tinggal para dewa. Yah…namanya juga mitos, boleh percaya boleh tidak.

Penulis: jogjakini

Suka Traveling dan Jalan Jalan melihat hal baru

17 thoughts on “Jumlah Tangga Makam Imogiri”

  1. Hmm… baru tau aq klo jumlahnya segitu banyaknya. Tempatnya pasti bener2 so close dan adem. Kyknya harus dicoba ke sana. Yg pasti klo ke tempat2 yg berhub. sama pariwisata & budaya, lebi ada chemistri-nya ke Jogja, bali, toraja.

  2. Senang bisa baca artikel ini, saya selalu menyempatkan datang ke tempat ini kalau saya mengunjungi jogja, hanya untuk melepaskan kerinduan saya sekaligus ziarah kemakam imogiri. Waktu pertama kali kesana memang terasa lelah karena harus menaiki anak tangga yang lumayan banyak, tapi sekarang sudah tidak merasa capek lagi..hehe..mungkin karena sudah biasa.. saya sedang mencari foto makam imogiri jaman dulu. Apa ada yang punya..? tolong ditampilkan juga ya.. thanks..

  3. Ke Makam Imogiri? memang harus kesana kalau ke Djokdja, dengan harus melewati tangga sebanyak 409 buah yang sangat mengasikkan dan kalau sudah diatas terus mengitari makam, melihat pemandangan kota yang sangat indah. Rugi kalau tidak dicoba. Bekalnya hanya NIAT aja koq! Apalagi disertai NIAT yang LUHUR.

  4. Kalau dihitung dari masjid/gerbang memang betul 409 anak tangga, Tapi kalau kita hitung dari tangga pertama setelah parkir maka jumlahnya adalah 454. Dengan perincian sebagai berikut: 32 anak tangga dari Tangga pertama sampai Gapura, 13 anak tangga dari Gapura sampai gerbang masjid, dan 409 dari masjid sampai gerbang makam sultan Agung (Gerbang 4 Tempayan/Capit urang). Sebenarnya masih ada 99 anak tangga lagi dari gerbang capit urang sampai makam sultan Agung. Dan semuanya itu penuh dengan makna.. Ajaib ya friend…

  5. Bahwa untuk mencapai ketenteraman, orang harus melalui cobaan. sippp ni bener . . .ehmm ke makam imogiri . . .badan ku gendut naikkin tangga ke makam imogiri kurus kali ya nyampek atas . .

  6. baru tau kalau jumlah tangganya ada segitu…
    paling asyik kalau minggu jogging di sana, meski capek tapi seneng bisa sampai atas …

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s