Prosesi Pasang Pathok Awali Pasar Malam Sekaten 2009


Mengawali kegiatan Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) 2008, Pemerintah Kota (Pemkot) Yogyakarta Senin ( 29/12) melakukan prosesi pasang pathok. Prosesi diawali dengan kirab tumpeng dan tiang pancang tenda sekaten dari Kraton menuju Alun Alun Utara Yogyakarta.
Sesampai di Alun-Alun, Walikota Yogyakarta Herry Zudianto melakukan pemotongan tumpeng yang dilanjutkan penancapan tiang pancang tenda perdana oleh sebagai tanda dimulainya pendirian tenda pasar malam Sekaten. Penancapan tiang pancang juga diikuti oleh Ketua DPRD Kota Yogyakarta Arief Nur hartanto serta Pengageng Kraton Ngayogyokarto Hadiningrat GBPH Joyokusumo.

Usai dilakukan penacpaan tiang pancang, masyarakat sekitar yang menyaksikan prosesi itu kemudian melakukan berebut segala sesajian yang dipakai dalam prosesi tersebut. Kegiatan rebutan yang dikenal sebagai ‘ngalap berkah’ itu diikuti oleh ratusan masyarakat yang hadir ditempat itu. Mereka percaya, jika berhasil mendapatkan sesaji yang dipakai daam prosesi itu, mereka akan memperooleh berkah dari Tuhan YME.

Menurut rencana, pembukaan Pasar Malam Sekaten baru akan dilaksanakan pada tanggal 30 Januari 2008 sementara Prosesi Sekaten akan dilaksanakan pada bulan Maret 2009.

Sumber: http://tv.kompas.com/content/view/10789/108/
Reporter/Kamerawan/Penulis: Sulistyawan/ Vo: Riana, Hendri/ Editor: Eva

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s