Sri Sultan HB X: Dari Raja Jawa ke R1


Liputan6.com, Yogyakarta: Di hadapan ribuan rakyatnya, Sri Sultan Hamengku Buwono X mendeklarasikan untuk maju sebagai calon presiden. Deklarasi itu di sampaikan dalam pertemuan akbar yang disebut Pisowanan Agung yang juga dihadiri puluhan perwakilan kerajaan di Nusantara. Apa yang membuat Sri Sultan akhirnya menyatakan niatnya melangkah dari Keraton Yogyakarta ke Istana Presiden?

“Saya tak tahan melihat keadaan yang ada bagi penderitaan rakyat. Rakyat tetap miskin dan banyak yang masih nganggur. Sepuluh tahun reformasi tidak ada perubahan fundamental yang mengubah bangsa ini untuk maju dan sejahtera,” kata Sri Sultan. Dia juga menambahkan, dirinya maju menjadi calon presiden untuk mengambi bukan memperebutkan kekuasaan. “Saya memang Sultan tapi bukan Wong Agung zaman 100 tahun lalu,” kata Sultan.

Sejarawan, Anhar Gonggong mengatakan deklarasi Sri Sultan untuk maju sebagai capres terlalu cepat. “Saya tidak menduga,” kata Anhar dalam acara Barometer, Rabu (29/10). Sementara itu pengamat politik, Rocky Gerung mengungkapkan deklarasi itu merupakan peristiwa politik yang sangat bagus. “Saya kira modal Pak Sultan adalah kebudayaan politik Yogya yang plural dan saya tahu Yogya adalah miniatur Indonesia,” kata Rocky.

Sejauh ini partai politik yang mengusung Sri Sultan adalah Partai Republikan dan Sentra Organisasi Karyawan Swadiri Indonesia (SOKSI). Keduanya dipandang belum cukup kuat sebagai partai pengusung. Bagaimana kekurangan dan kelebihan Sri Sultan dibanding calon lain untuk menjadi orang nomor satu di Republik ini saksikan selengkapnya di video Barometer edisi 29 Oktober 2008.(JUM/Tim Liputan 6 SCTV)

Source: http://www.liputan6.com 30/10/2008 00:08

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s