Sate dan Tongseng Bulus Aneh, Amis dan Asyik


Bulus biasanya dipelihara karena keeksotikannya. Binatang yang mempunyai rumah tebal dan keras ini sangat lamban bergerak. Di balik semua itu, Bulus bisa menjadi menu yang unik, sate bulus dan tongseng bulus. Hanya satu tempat yang bisa ditemui hidangan menu bulus ini di Yogyakarta. Anda penasaran? Atau merasa aneh dengana menu yang tidak lumrah ini?

Jika anda ingin mengobati rasa penasaran, bisa saja datang ke warung makan sate dan tongseng Mbak Yanti yang ada di jalan Kranggan. Begitu pesan, bahan sate atau tongseng Bulus yang telah dipersiapkan langsung diramu. Bumbu-bumbu hamper sama, hanya untuk sate mungkin agak terasa pedas. Ini mungkin untuk sedikit mengalahkan amis yang mengikuti sate bulus yang ada. Memang rasanya agak beda dengan sate kambing atau ayam, lebih empuh, dan ada sedikit amis menyertainya. Ujung-ujungnya, enak juga dan pasti habis. satu porsi dengan lima tusuk kecil untuk sate bulus dihargai Rp 15.000,00. Tongsengnya, lebih rendah, Rp 12.000,00.

Yanti yang kini menjaga warung ini mengaku, kakeknya Pak Ali mengawali jualan bulus ini sekitar 15 tahun lalu. Warung itu sempat diwariskan ayahnya, Bapak Affandi dan kini dirinya yang menunggui warung sate Bulus ini. Dalam sehari, rata-rata ada 5-6 pelanggan yang dating. Bulus yang disiapkan tidak tentu, kadang 1 ekor, kadang 2 ekor tergantung ukuran bulus tersebut, rata-rata 3 kilogram.

Daftar Sate Bulus
Daftar Sate Bulus
Pemanggangan Sate Bulus
Pemanggangan Sate Bulus
Sate Bulus Siap Saji
Sate Bulus Siap Saji

Selain menikmati rasanya, biasanya orang mencari bulus karena kasiatnya. Kepercayaan pelanggan, banyak manfaat yang dikandungnya. Contohnya, minyaknya bisa untuk perawatan kulit supaya halus, empedu bulus untuk obat asma, sesak nafas, obat sakit gigi. Batok tempurung untuk mempercepat sambung tulang dan yang paling istimewa adalah tangkur bulus yang bermanfaat untuk obat kuat lelaki. Biasanya pelanggan banyak yang mencari ini. Walau begitu, harga tangkur ini lebih mahal, sekitar Rp 25.000,00. Selain di Jalan Kranggan, untuk mendapatkan bulus yang masih mentah atau hidup bisa mendatangi Pusat Penampungan dan budidaya bulus di COkrodiningratan JT II/ 221 Yogyakarta. Selamat berburu! ***

Warung Makan Sate dan Tongseng Bulus Mbak Yanti
Alamat : Jalan Kranggan Kios Nomor 1 Yogyakarta
Jam buka : 10.00 hingga 21.00 WIB
Phone : 081904267957 dan 081804345173

Iklan

6 pemikiran pada “Sate dan Tongseng Bulus Aneh, Amis dan Asyik

  1. wah memang ada ada saja kota jogja ne………………..
    semua jenis masakan dari ayam hingga bulus ada smua……..
    ajib…………..

  2. saya pernah mencoba tongseng bulusnya unik dan enak. jika tidak suka yang amis, pesan saja yang tongseng spesial daging. karena yang kadang amis itu adalah jika campur jerohan. saya bilang menu bulus di Jl. Kranggan Jogja tersebut mantap. ada facebooknya, cari saja : “SPESIAL TONGSENG BULUS”

  3. waw banyak kali masakan bulus nya lihat nya lezat sekali,
    empedu nya juga bisa dimakan juga ya?
    Gimana cara makan empedu nya ditelan lansung atau dimasak dulu ya ?
    Trim’s ada jual sabun atau cream kecantikan dari minyak bulus kalau sabun nya juga dari minyak bulus ya?

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s