Kawasan Kaliadem Akan Dijadikan Obyek ‘Lava Tour’


Kawasan Kaliadem yang tertimbun material vulkanik Gunung Merapi di wilayah Kecamatan Cangkringan, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) akan dijadikan obyek ‘Lava Tour’ atau semacam obyek wisata minat khusus bagi pengunjung yang ingin melihat dan mengetahui material vulkanik yang ada di tempat itu.

Meskipun rencana tersebut belum memperoleh rekomendasi dari Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kegunungapian (BPPTK) Yogyakarta menyangkut aspek keamanannya dari kemungkinan ancaman bahaya Merapi, namun ini sudah menjadi keputusan pemkab, kata Bupati Sleman Drs Ibnu Subiyanto Akt, Sabtu.

Ketika melakukan `press tour` bersama sejumlah wartawan di kawasan kaki Merapi di Dusun Kalitengah Lor dan Kaliadem, ia mengatakan untuk menata kembali kawasan Kaliadem yang porak poranda diterjang awan panas Merapi 14 Juni lalu sekaligus mewujudkan obyek `Lava Tour` di tempat itu, Pemkab Sleman akan mengajukan permohonan bantuan dana ke pemerintah pusat.

Ia mengatakan kawasan Kaliadem sejak beberapa pekan lalu telah dibuka kembali untuk umum terutama bagi wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Terkait dengan rencana menjadikan kawasan Kaliadem sebagai obyek `Lava Tour`, kata bupati, pemkab akan melatih para pemuda setempat dan petugas khusus, yang nantinya akan menjadi pemandu wisata sehingga para wisatawan dipastikan tidak akan `kesasar` memasuki kawasan berbahaya. “Asalkan wisatawan tidak naik ke tempat yang lebih tinggi, dipastikan akan aman dari bahaya Merapi,” sambungnya.

Kaliadem yang selama ini dikenal sebagai kawasan wisata dan bumi perkemahan itu, berada di wilayah selatan kaki Merapi yang berjarak hanya sekitar enam kilometer dari puncak gunung tersebut. Dari kota Yogyakarta, Kaliadem berjarak sekitar 29 kilometer.

Menurut Bupati Sleman, pemkab juga akan menata kembali kawasan Kalitengah Lor, Desa Glagaharjo, Kecamatan Cangkringan secara bertahap, untuk dipersiapkan sebagai obyek wisata. Rencananya di Kalitengah Lor akan dibangun gardu pandang dan berbagai fasilitas penunjang lain. Ia pun memastikan kawasan setempat aman untuk dikunjungi.

source:www.kapanlagi.com

4 pemikiran pada “Kawasan Kaliadem Akan Dijadikan Obyek ‘Lava Tour’

  1. “ KREASI JOGJA “

    Helping your tour

    JOGJA FANTASTIC TOUR

    3 Hari – 2 Malam

    Day 1

    Tiba di Jogjakarta pada siang hari, dilanjutkan dengan makan siang di Restoran. Cheh – in hotel. Mengunjungi Candi Prambanan disaat matahari tenggelam ( Sun – Set ). Makan malam di Restoran & Menikmati Sendra Tari Ramayana.

    Day 2

    Menggunakan Andong Wisata mengunjungi Kraton Jogjakarta & Taman sari ( Trip Njeron Beteng Kraton Jogjakarta ). Melihat proses pembuatan kerajinan perak di Kota Gede. Makan siang di Restoran. Melihat secara dekat proses pembuatan batik tulis di Batik Factory. Kembali ke hotel untuk istirahat. Makan malam di Restoran. Mengunjungi pusat belanja di Malioboro. Mengunjungi Massangin Games di Alun2 Selatan.

    Day 3

    Chek-out hotel. Mengunjungi Candi Borobudur . Singgah di pusat oleh2 khas Jogjakarta ( Bakpia Pathok ). Makan siang di Restoran. Acara selesai

    Harga paket :

    2 Orang Rp 1.620.500,- per orang
    3 Orang Rp 1.219.500,- per orang
    4 Orang Rp 1.019.500,- per orang
    5 Orang Rp 1.019.500,- per orang
    6 Orang Rp 919.500,- per orang
    7 Orang Rp 848.500,- per orang
    8 Orang Rp 809.500,- per orang
    Fasilitas :

    Mobil Kijang Kapsul, APV, Zenia, Avanza, L300, Pregio, Travello, Elf ( Sopir, Parkir, Cool Water, Umbrella, Towell )
    3 kali makan siang di Restoran dengan budget @ Rp 45.000,-
    2 kali makan malam di Restoran denga budget @ Rp 65.000,-
    Tiket obyek wisata, Ramayana Balet, Andong Wisata
    Guide Tour

    Dan masih banyak paket paket wisata Jogja yang menarik lainya & Melayani paket Rombongan

    NB : Harga dapat berubah-ubah, sewaktu – waktu sesuai dengan fasilitas program acara.

    Contak / Pemesanan

    Dewa Budi Chisara

    Alamat : Taman Kt 1 / 309. Kraton. Jogjakarta . 55133

    Telpon : 08170955983 ( Hunting )

    Email : dewabudichisara@yahoo.com

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s