BUS TRANS JOGJA: SEBUAH SOLUSI MODA TRANSPORTASI MODERN


Sesuai dengan skedul yang telah disepakati, mulai bulan September 2007 telah mulai dibangun secara serentak beberapa shelter untuk mendukung launching Bus Trans-Jogja akhir tahun 2007 ini. Dalam peluncuran Bus Trans-Jogja ini akan dibangun kurang lebih 76 shelter dimana Pemerintah Kota Yogyakarta menggandeng pihak swasta untuk membangun 34 shelter yang berada seluruhnya berada diwilayah Kota Yogyakarta, sedangkan 42 shelter lainnya dibangun menggunakan dana APBD Propinsi DIY. Saat ini proses persiapan menyambut bus ini telah dilakukan dengan membangun halte diberbagai sudut Saat ini keberadaan angkutan publik yang ada sudah terlalu jenuh, disisi lain kondisi fisik kendaraan yang tidak lagi memadai serta faktor keamanan yang kurang terjaga, masyarakat menjadi enggan menggunakan fasilitas publik ini, sehingga load factornya hanya sekitar ± 27,22% saja, jika dibiarkan tentunya akan memperburuk citra Yogyakarta. Bus Trans-Jogja ini nantinya dilengkapi dengan fasilitas AC untuk memberikan kenyamanan kepada pengguna jasa dan hanya akan berhenti dan berangkat dari shelter-shelter yang telah dibangun. Para pengguna jasa Selanjutnya reformasi angkutan publik ini diharapkan juga dapat merubah kesan Kota Yogyakarta khususnya dari sisi pariwisata, dan merubah mind-set masyarakat agar kembali menggunakan angkutan publik massal ini. Operasional Trans Jogja1.       Bus akan beroperasi mulai pukul 05.00 – 22.00 WIB 2.       Tarif untuk masyarakat umum Rp. 3.500 dan untuk pelajar/mahasiswa Rp. 2000,00 dengan sistem pembayaran elektronik (CardAcess) 3.       Pembayaran dapat digunakan untuk single trip atau berlangganan 4.       Bus berkapasitas 22 orang berdiri dan 19 orang berdiri serta menyediakan tempat untuk difabel 5.       Bus memiliki fasilitas AC 6.       Bus hanya akan berhenti di shelter – shelter yang tersedia dengan pintu otomatis Rute Rute 1A/1B : Candi Prambanan, S3 – Maguwo, Jl. Laksa Adisucipto, Jl. Sudirman, Jl. P. Mangkubumi, Malioboro, Jl. A. Yani, Jl. Trikora, Jl. Ibu Ruswo, Jl. Sultan Agung, Jl. Kusumanegara, JEC, Jl. Janti, Jl. Ringroad Janti,  Jl. Solo, Bandara Adisucipto, Candi Prambanan. Rute 2A/2B :Terminal Jombor, Jl. Magelang, Jl. Diponegoro, Jl. P. Mangkubumi, Maliboro, Jl. A. Yani, Jl. Trikora, Jl. Ibu Ruswo, Jl. Brigjend Katamso, Jl. Kol. Sugiyono, Jl. Perintis Kemerdekaan, Jl. Ngeksigondo, Jl. Gedong Kuning, Jl. Kusumanegara, Jl. Cendana, Jl. Gayam, Jl. Sutomo, Jl. Yos Sudarso,  Jl. Wahidin,  Jl. Sudirman, Jl. Cik Di Tiro, Jl. Colombo, Jl. Gejayan, Jl. Ringroad Utara, Monumen Jogja Kembali, Terminal JomborRute 3A/3B :Bandara Adisucipto, S3 – Maguwo, Ringroad Utara, Terminal Condongcatur, Jl. Kaliurang, Jl. C. Simanjuntak, Jl. Sudirman, Jl. Diponegoro, Jl. Tentara Pelajar, Jl. Pasar Kembang, Malioboro, A. Yani, Trikora, Alun-Alun Utara, Ngasem, Pojok Beteng Barat, Pojok Beteng Timur, Jl. Kol Sugiyono, Jl. Perintis Kemerdekaan, Jl. Ngeksigondo, Jl. Gedongkuning, JEC, Jl. Janti, Ringroad Janti, Bandara (nug: dari berbgai sumber)

Penulis: jogjakini

Suka Traveling dan Jalan Jalan melihat hal baru

10 thoughts on “BUS TRANS JOGJA: SEBUAH SOLUSI MODA TRANSPORTASI MODERN”

  1. Banjur piye nasib bus kota yang pernah mengasapiku pas aku naik motor dibelakangnya?
    Yah, masih baru tapi haltenya dah mulai bayak coretan2nya.Sayang jelek2.
    Kapan2 aku coreti yang lebih bagus ah.

  2. kalo bus trans jogja jadi trus parkir mobil gimana? karna ada halte bus yang biasa di gunakan untuk parkir mobil lihat saja di jalan laksda adisucipto. menurutku bus trnas bagus dan bisa menjadi solusi transportasi moderen tapi penempatan halte yang perlu dikaji ulang.

  3. Semoga manajemen pelayanannya professional, meski warnanya norak.Kenapa to warna hijau-kuning tidak tampil dengan aksen saja ! perlu sentuhan designer prof. Jogja kan gudangnya!

  4. yang jelas apapun itu kalo mau maju mesti ada resikonya…
    ada keuntungan pasti ada kerugian…
    kita sekarang melihat dan berkaca pada negara maju seperti singapura…kita menggunakan sistem sama persis dengan sistem yang mereka pakai…
    sekarang tergantung kesadaran kita masing2…
    sebagai contoh kita membutuhkan besi..tapi kita menolak adanya proyek pasir besii????bagemana bisa??
    JIKA KITA MAU MAJU HADAPI SEGALA RESIKO DEMI KEMAJUAN DAN SEBAGAIMANA MESTINYA KITA MNDUKUNG KALO MEMANG TUJUANNYA BAIK :D:D:D:D
    semoga semuanya lancar dan akan ada llagi program2 modfernisasi yang menguntungkan bagi masyarakat…AMIEN

  5. Yen menurutku acungan jempol kanggo Prmkot Jogja??????????
    Nanging yo mesakke sopir angkoy njur kepriye nasibe????????
    Mbok yo nggawe solusi maneh…..
    nyawang ojo mek neng nduwur….jajal nyawang neng ngesor barang…

  6. Menawi dalem seneng-seneng mawon dipun wonteni jalur TRANS JOGJA perjalanan dados lancar,nanging nenawi saget ndamel radosan kiambak-
    mboten ngurangi jalur engkang sampun wonten,soalipun jalur Trans mboten angsal dipun dilewati kendaraan sanesipun,menawi dipun lewati ditilang,dados damel radosan kados Jalan Tol meniko lho Pak.Saderengipun dalem nyuwun pangapunten

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s