Keris, Karya Masterpiece


Banyusumurup

Yogyakarta sebagai salah satu pusat kerajaan yang masih eksis masih banyak menghasilkan budaya yang masih dikagumi saat ini, yaitu keris.Salah satunya berlokasi di dekat pemakaman Raja-raja Mataram di Kecamatan Imogiri yakni dusun Banyusumurup, sekitar 2 kilometer dari makam. Bila dihitung dari kota Yogyakarta, jauhnya 20 kilometer ke arah selatan.

Proses pembuatan rangka

Di dusun ini, ada sekitar 200 perajin yang trampil membuat keris. Namun, perajin sebanyak itu, hanya ada satu orang yang mampu membuat keris pusaka, yakni keris yang dapat diisi mantera-mantera dengan fungsi untuk: keselamatan, kederajatan, kewibawaan bahkan ada yang diisi anti santet. Pengisian itu sesuai permintaan calon pemiliknya. Sedang perajin lainnya hanya membuat keris untuk kepentingan seni seperti menari, musik campursari, seragam pengantin atau sekedar hiasan. Salah satu perajin keris bertuah adalah Jiwo Dihardjo, kini berusia 68 tahun. Oleh almarhum Sri Sultan HB IX, Mbah Jiwo kemudian diberi gelar Mpu Sarjono Supo, di tahun 1982, setelah menyelesaikan pembuatan kerangka keris bertabur berlian pesanan HB IX.Sejarah panjang dimulai ketika 300 tahun lalu, saat di Majapahit terjadi peperangan. Salah seorang ahli keris, Tomorejo namanya, melarikan diri dari Pasuruan menuju Yogyakarta dan akhirnya menetap di Banyusumurup. Mpu Sarjono Supo adalah keturunan Empu Tomo.

Empu Djeno Harumbrojo Sang Maestro Keris.

Walaupun Empu Djeno Harumbrojo telah meninggal, akan tetapi kita masih bersukur karena kemampuanya dalam membuat tosan aji telah diturunkan kepada salah satu keponakanya Empu Sungkowo. Di Dusun Gatak, Desa Sumber Agung, Kecamatan Moyudan Sleman, 20 km arah barat Yogyakarta, aktifitas membuat tosan aji saat ini masih berlangsung. (nug:dari berbgai sumber)

 

Iklan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s