Tentang Jogjakarta


Sejarah

Jogjakarta merupakan pusat kerajaan Mataram Islam (15575-1640) dilanjutkan dengan dinasti keturunanya yaitu Kesultanan Yogyakarta yang masih eksis sampai sekarang. Saat ini Daerh Istimewa Yogyakarta (DIY) dipimpin oleh Gubernur yang juga sekaligus Sultan yaitu Sultan Hamengku Buwono X.

Pemerintahan

Pemerintahan Daerah Istimewa Yogyakarta dapat dirunut asal mulanya dari tahun 1945, bahkan sebelum itu. Beberapa minggu setelah Proklamasi 17 Agustus 1945, atas desakan rakyat dan setelah melihat kondisi yang ada, Hamengkubuwono IX mengeluarkan dekrit kerajaan yang dikenal dengan Amanat 5 September 1945 . Isi dekrit tersebut adalah integrasi monarki Yogyakarta ke dalam Republik Indonesia. Dekrit dengan isi yang serupa juga dikeluarkan oleh Paku Alam VIII pada hari yang sama. Dekrit integrasi dengan Republik Indonesia semacam itu sebenarnya juga dikeluarkan oleh berbagai monarki di Nusantara, walau tidak sedikit monarki yang menunggu ditegakkannya pemerintahan Nederland Indische setelah kekalahan Jepang. Yogyakarta dikenal sebagai pusat budaya jawa yang masih hidup dengan keragaman budaya dari daerah lain di Indonesia yang tumbuh seiring. Keragaman budaya tersebut tumbuh bersamaan dengan hadirnya mahasiswa yang menuntut ilmu di kota pendidikan ini.

Pariwisata

Sebagai tujuan utama wisata di Indonesia, Jogja mempunyai berbagai objek wisata mulai dari objek wisata buatan, budaya, alam, hingga seni.

 

Jogja Kini

Perkembangan jogja dewasa ini sangat dinamis. Seriring dengan modernisasi terjadi pergeseran budaya yang bisa berakibat hilangnya berbgai identitas jogja sebagai kota budaya. Mari kita bersama sama menjadi benteng budaya bagi Jogjakarta.

 

Penulis: jogjakini

Suka Traveling dan Jalan Jalan melihat hal baru

1 thought on “Tentang Jogjakarta”

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s