Museum Gunung Merapi (MGM) Jogja


Merapi Jendela Bumi, itulah tema yang diambil Museum Gunung Merapi (MGM). Museum ini terletak di Dusun Banteng, Desa Hargobinangun, Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman. Sudah mulai beroperasidan diresmikan 1 Oktober 2009. Peresmian dipimpin Kepala Badan Geologi Departemen Energi dan Sumber Daya Mineral R Sukyar mewakili Menteri ESDM. Hadir pula Asisten I Pemprov DIY Tavip Agus Rayanto dan Wakil Bupati Sleman Sri Purnomo.

Museum Gunung Berapi Tampak Depan
Museum Gunung Berapi Tampak Depan

MGM mempunyai luas  3,5 hektar dengan luas bangunan 4.470 meter persegi yang terdiri dari dua lantai. Museum ini akan difungsikan untuk wahana informasi, penelitian, pendidikan, dan wisata tentang kegunungapian.

Fasilitas yang ditampilkan antara lain maket Gunung Merapi, animasi erupsi Merapi, plasa tematis, gedung teater, dan foto-foto dokumentasi aktivitas gunung-gunung berapi dunia.

MGM saat ini belum selesai 100% untuk harga tiketnya pun belum ditentukan.

Apa yang dilihat:
Beberapa kOleksi benda utama yang dipajang di MGM antara lain “batu bom” Gunung Merapi atau “vulcanic bomb”, yakni batuan pijar berdiameter 65 mm lebih yang terbentuk dari lontaran material letusan Merapi. Selain itu juga dipajang barang milik warga di kawasan wisata Kaliadem yang tertimbun lahar panas erupsi Gunung Merapi 2006 seperti wajan, panci, piring dan alat masak lainnya yang rusak terkena erupsi Merapi, serta rangka sepeda motor milik korban yang tewas di bungker Kaliadem 14 Juni 2006.

Ada juga foto-foto Gunung Merapi, serta foto erupsi Gunung Merapi dari 1900 hingga 2007, batu-batuan gunung dan diorama Gunung Merapi.

Kedepan saya yakin MGM akan menjadi salah satu obyek wisata yang bagus di Sleman. Tentunya kolo dibarengi dengan pengelolaan dan pemeliharaan yang baik.

Lokasi:
Lokasi MGM merupakan satu jalur ke  obyek  wisata kaliurang. Untuk menuju MGM dapat melalui dua jalur, yaitu Jalan Kaliurang dari sisi timur dan Jalan Boyong (menuju Kaliurang bagian barat) dari sisi barat. Apabila melalui sisi timur sebelum masuk pintu gerbang kurang lebih 1 kilometer belok kiri kira‑kira 2 kilometer sudah sampai kelokasi. Kalau melalui arah barat pengunjung bisa lewat Jalan Boyong setelah pintu  gerbang masuk kawasan Kaliurang belok kanan. Jalannya saat ini sedang dalam pengerjaan, jalannya cukup lebar karena dibuat dua jalur, jalur keluar dan masuk

About these ads

34 thoughts on “Museum Gunung Merapi (MGM) Jogja

  1. Puji lestari

    Harga tiket untuk perorangan/rombongan berapa ya mas? trus bukanya hari apa & jam berapa? kalau boleh nomor yang bisa dihubungi ? makasih!

    Balas
  2. Arry

    Mas kalau dari Solo Arahnya lewat mana ? and lokasinya pakai bus besar bisa nggak ya ? trus fasilitas lainnya disana apa aja ya ? trims. jawabnya.

    Balas
  3. Ina

    mas, kalo pakai kendaraan umum pakainya apa y?? saya ga apal daerah jogja, karena saya kebetulan tinggal di bandung.. thanks

    Balas
    1. jogjakini Penulis Tulisan

      Bisa..kalo turun di terminal giwangan naik bus jurusan kaliurang (bisa bus baker atau yang lain). Nanti turun di terminal kecil di pakem. dari pakem naek angkuran kecil yang kearah kaliurang via jl bebeng. nanti jalanya yang agak jauh dari jl bebeng ke MGM sekitar 1 km. saya sarankan pake kendaraan pribadi seh..

      Balas
  4. mar

    sekarang masi direnovasi.. tar kalo uda jadi bakal ada tempat nonton film tentang gunung berapi + ada tempat simulasi gempa..
    tiket 3000/ orang
    jam buka tiap hari (senin libur) dari jam 9 – 15.30

    Balas
  5. kodzan

    wah kapan mas berdirinya museum itu? apakah setelah tahun 2004? kayaknya pas waktu saya masih di Jogja dulu, belum ada tuh museum….

    salam kenal
    kodzan.blogspot.com
    kpadaku.blogspot.com

    Balas
  6. Suka As-Syifa Farm

    Apabila Bapak/ Ibu berkunjung ke Museum Merapi, silahkan mampir di peternakan kami Suka As-Syifa Farm yang terletak kurang lebih 1 km selatan Museum.

    Kami ada Paket Wisata Pendidikan untuk Sekolahan, Keluarga dan Kelompok dengan
    Fasilitas :
    1. Berkeliling Melihat Peternakan
    2. Melihat Proses Pemerahan Susu Kambing* )
    3. Melihat Proses Pengolahan Susu Kambing* )
    4. Memberi Minum Susu Anak Kambing/ Cempe
    5. Menikmati Aneka Olahan Susu Kambing :
    a. Froyo (Ice Cream Yogurt)
    b. Goat Milkshake
    c. Goat Milk Pancake
    d. Goat Cheese, dll

    Silahkan buka blog kami http://suka-farm.blogspot.com atau http://goatmilkshop.blogspot.com/

    Trima kasih

    Balas
  7. Kupu Biru

    Akhir tahun 2011 sempat jalan ke Kaliadem, tapi nggak sempat ke museum ini. Akhir tahun ini rencana mau ke museum ini, ah.

    Balas
  8. Raisa AR

    bulan kemaren baru ke sanaaaaa gak nyesellllll dateng ke sana udaranya sejuk banget. penuh dengan pengetahuan ada simulasi gempa juga tapi sayang pas kemaren kesana lagi dalam perbaikan jadi gak bisa nyobain. kalo ke jogja sempet – sempetin dateng ke sana :)

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s